7.28.2013

Seribu Flora, Seribu Fauna, Seribu Biota, Seribu Cerita dan Seribu Keindahan Di Kepulauan Seribu

Pulau seribu terletak di gugusan teluk Jakarta.  Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 105 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km².  Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Namanya Kepulauan Seribu bukan berarti pulau-pulau di dalam gugusan kepualaun itu berjumlah seribu. Jumlah pulau itu hanya sekitar 342 pulau, termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi maupun yang tidak. Pulau pasir dan terumbu karang itu sendiri berjumlah 158. Tidak semua pulau yang termasuk di dalam gugusan Kepulauan Seribu didiami manusia. Sebagaimana banyak pulau-pulau lainnya di Indonesia, sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu tidak berpenghuni. 

Kepulauan Seribu ditetapkan menjadi Taman Nasional Laut dengan
Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 162/Kpts-II/1995 dan No. 6310/Kpts-II/2002 yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Departemen Kehutanan. Luas wilayah 107.489 hektare dengan sekitar 44 buah pulau termasuk ke dalam taman nasional. Pulau-pulau yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan tempat ideal untuk snorkeling, berenang, atau menyelam.  Kepulauan Seribu mempunyai pulau yang ditunjuk sebagai pulau suaka alam seperti Pulau Rambut dan Pulau Onrust yang ditunjuk sebagai pulau cagar budaya.  

Wisata bisa dimulai dengan kapal menuju pulau pulau yang memiliki banyak objek, baik flora, fauna, maupun wisata sejarah.  Ada beberapa pulau yang sering dikunjungi wisatawan , pulau kelor misalnya, terdapat benteng peninggalan belanda yang bernama benteng Martello.  Benteng yang memiliki struktur bangunan melingkar ini di buat VOC untuk melindungi jakarata pada tempo dulu dari serangan musuh.  Ada yang sering mengatakan pulau kelor juga sering disebut pulau kuburan, karena dahulu kala pulau ini juga dijadikan tempat pekuburan, jadi kalau anda beruntung saat iseng menggali tanah bisa jadi anda akan menemukan tulang belulang manusia.  

Selanjutnya Pulau Onrust. Pulau yang telah dijadikan wisata sejarah Taman Arkeologi ini memang menyimpan banyak sejarah. Reruntuhan-reruntuhan yang ada menjadi saksi bisu dari perjalanan kolonial Belanda di Indonesia.  Konon dulu jika ada orang yang pergi haji, maka harus dikarantina terlebih dahulu di pualu ini, karena dahulu orang yang pergi haji dianggap berbahaya bagi keberlangsungan Belanda, maka setiap orang yang sudah pergi haji akan diberi gelar “haji”, yang hanya ada di Indonesia.  Kenapa? Jikalau ada kerusuhan yang akan ditcurigai pertama adalah orang-orang dengan gelar haji tersebut.

Pulau selanjutnya yang menarik adalah pulau rambut, atau sering juga disebut pulau kerajaan burung.  Luasnya 45 hektare. Pulau ini ditumbuhi hutan bakau yang rimbun serta terumbu karang yang sangat indah. Orang Belanda menyebut pulau ini dengan nama Nidelberg. Pada keadaan biasa, diperkirakan sekitar 20.000 burung hidup di pulau ini. Di bulan Maret sampai September, jumlah itu meningkat menjadi hingga 50.000 burung. Burung-burung itu diperkirakan datang dari Australia.  Pulau Burung oleh Pemerintah ditentukan sebagai cagar alam burung, sementara Pulau Bokor didekatnya ditentukan sebagai cagar alam laut. Pulau Burung terletak di sebelah Barat Jakarta.

Pulau yang menjadi idola para penyelam adalah Pulau Kotok merupakan contoh pulau atoll tropis dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni sehingga menjadi tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta.

Pulau Ayer, pulau ini sering dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Luasnya kurang dari sepuluh hektare, letaknya berdekatan dengan Pantai MarinaPulau ini mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Bahkan semasa hidupnya, mantan Presiden Sukarno menjadikan Pulau Ayer ini sebagai tempat peristirahatannya. Mantan Presiden Sukarno juga pernah mengajak mantan Presiden Tito dari Yugoslavia dan mantan Sekretaris Jenderal PBB, U Nu, berkunjung ke pulau ini. Cottage apung di atas air dengan gaya etnik Papua adalah kebanggaan pulau resor yang jaraknya hanya 14 km (30 menit) dari Marina Ancol

Pulau paling utara dari gugusan  kepulauan seribu adalah Pulau Sabira oleh Belanda disebut Noord Wachter yang berarti penjaga utara. Nama itu diberikan melihat bahwa Pulau Sabira merupakan pulau yang terletak paling utara di antara pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu. Jaraknya dari pantai utara Jakarta 126 kilometer. Luasnya sepuluh hektare. Di sekeliling pulau ini terdapat batu karang yang berwarna putih. Tanaman terbanyak yang ada di pulau ini adalah kelapa dan sukun. Terdapat sebuah mercusuar setinggi 60 meter di pulau. 

Kepulauan Seribu memiliki 2 jenis penyu yang dilindungi Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 dan termasuk dalam Apendiks I Cites (Convention on International Trade in Endangered Wild Flora Fauna Species), dan Red Data Book IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), yakni penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas).  

Dan masih banyak pulau pulau yang menawarkan keindahan flora maupun fauna yang didampingi dengan keindahan ciptaan manusia tempo dulu, yaiutu benteng-benteng sejarah yang akan menjadi penjagi keindahan alam di kepulauan seribu. 






No comments:

Post a Comment

back to top
back to bottom